Kamis, 24 April 2014

Urgensi Target Dalam Kehidupan

Dalam menjalani kehidupan, seseorang harus memiliki target dan tujuan hidup, karena dengan target dan tujuan hidup itulah, manusia akan semangat dan optimis dalam menjalani kehidupan. Kita bisa melihat betapa rendahnya cita-cita seseorang yang tidak memiliki tujuan dalam hidupnya, yang ia fikirkan hanya makan, tidur dan bekerja, dan begitulah seterusnya tanpa memikirkan hal yang lain yang lebih bermanfaat baik untuk dirinya, keluarganya terlebih masyarakat pada umumnya.
Kemudian kita bisa melihat orang-orang yang memiliki target dan tujuan dalam hidupnya, ia akan selalu semangat dalam menjalani kehidupannya, karena ia memiliki tujuan dan maksud dari apa yang ia lakukan. Contonya jika ia memiliki target ingin membangun rumah, maka dengan bekerja keras ia akan berusaha untuk mengumpulkan uang, dan terus mengumpulkan hingga akhirnya ia dapat merealisasikan keinginannya tersebut. Ini baru target hidup dan keinginan dunia, lalu bagaimana dengan target untuk kehidupan yang lebih kekal dan abadi, yaitu kehidupan akhirat?
Manusia harus memiliki target untuk kehidupan akherat, yaitu dengan berusaha memiliki rumah disurga, dan bidadari yang bermata jeli yaitu dengan melakukan segala ketaatan dan menjauhi segala larangan selama hidup di dunia. Dan adapun target untuk mencapai ridho Allah dan dapat menikmati indahnya surga dan apa yang ada di dalamnya adalah target terbesar yang harus dimiliki oleh setiap manusia.
Terkadang target sudah dibuat, dan jalan-jalan untuk mencapai target itu sudah digariskan, akan tetapi tak sedikit rintangan dan hambatan yang menghalang, sehingga hancurlah dan gagallah semua atau sebagian target yang kita inginkan. Ini merupakan suatu hal yang lumrah, yang pasti terjadi dalam kehidupan manusia, karena sudah hukum alam, bahwa setiap hal pasti ada rintangan dan cobaannya, jangankan hal yang baik-baik, hal yang burukpun terkadang menemui dan mendapati banyak hal yang dapat menggagalkan keinginan buruk tersebut, contohnya ingin mencuri, tapi gak jadi karena keadaan cuaca yang tidak memungkinkan, dan lain sebagainya.
Tentunya dalam menjalani semua itu, diperlukan kesabaran dan keistiqomahan. Karena dengan 2 hal inilah, niscaya akan tercapai sebuah target yang diinginkan. Tetap semangat dan jangan pantang menyerah menjalani berbagai macam cobaan yang menghalang dalam terlaksananya dan terealisasinya sebuah target kehidupan. Selama mata masih terbuka, dan jantung masih berdetak, janganlah berhenti untuk merencanakan seesuatu kebaikan. Tugas kita hanya berusaha dan berusaha, sedangkan terkabul dan terjadinya itu sudah ada yang mengatur. Selalu optimis dan tetap semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar